Mau Bertani Hidroponik, Ini yang Harus Disiapkan

Instalasi Hidroponik
LEGIOMA.COM--Jika Anda akan memulai bercocok tanam sistem hidroponik, peralatan inilah yang wajib dimiliki. Banyak kualitas peralatan namun untuk permulaan yang diperntingkan adalah fungsinya.

  1. Instalasi Hidroponik, Peralatan ini biasanya pipa paralon yang yang telah dilubangi disesuaikan dengan ukuran Netpot, panjang pipa paralon bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan. Jika harga pipa paralon terlalu mahal, bisa diganti dengan batang bambu, bahkan botol bekas juga bisa dimanfaatkan. 
  2. Netpot, Netpot adalah pot yang berlubang diseluruh sisinya fungsinya untuk tempat (penahan) tanaman. Netpot bisa dibeli di tempat penjualan peralatan hidroponik, namun jika akan berhemat bisa digantikan dengan gelas platik bekas air kemasan.
  3. Kain Flanel, Fungsi kain fanel adalah sebagai sumbu kapiler yang menyalurkan nutrisi yang telah dilarutkan dalam air ke tanaman. Kain ini dipilih karena memiliki daya kapiler yang lebih tinggi dibanding dengan kain lainnya.
  4. Cairan Nutrisi, Dalam dunia hidroponik cairan nutrisi ini populer dengan istilah cairan AB Mix, karena ada dua cairan yang dipisah yaitu cairan A dan cairan B. Kedua cairan ini pada kepekatan tertentu tidak bisa dijadikan satu. Namun dalam penggunaannya kedua cairan ini akan dilarutkan dalam air dengan ukuran yang telah ditentukan.
  5. Rockwool, Fungsi rockwool adalah sebagai media tempat akar mengikatkan diri agar batang tumbuhan bisa berdiri tegak. Rockwool adalah sejenis kain busa yang mempunyai sifat kapiler tinggi dengan serat berongga.
  6. Benih, Benih tanaman dapat dibeli di toko yang menyediakan peralatan hidroponik, bahkan juga bisa ditemukan di toko penjual tanaman hias.
  7. Pompa Air, Pompa air ini opsional, jika memulai dengan botol atau wadah/nampan maka belum diperlukan pompa air. Jika sudah menggunakan instalasi hidroponik maka pompa air menjadi sebuah kuajiban untuk disediakan.  Pompa air sebagai pengatur sistem saluran larutan nutrisi hidroponik pada instalasi. 
  8. Air, Air sebagai media tanam yang nantinya didalamnya akan dilarutkan nutrisi AB Mix. Gunakan air bersih dengan PH normal 6 - 7 (Slamet Riyanto)

Posting Komentar

0 Komentar