Inilah Gunanya Kain Flanel dalam Hidroponik

Kain Flanel untuk Hidroponik
Legioma.com--Istilah kain flanel sangat populer dalam pertanian hidroponik fungsi utamanya adalah untuk menyalurkan nutrisi yang dilarutkan dlam air agar mencapai pada akar tumbuhan. Kain flanel merupakan salah satu bahan yang harus disiapkan dalam bercocok tanam hidroponik.

Kain flanel merupakan jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun. Kelebihan bahan ini adalah karena memiliki daya kapiler yang bagus, sehingga mudah menyerap air, oleh karena itu flanel sangat cocok digunakan dalam sistem Hidroponik karena bisa mengantarkan nutrisi yang ada dalam larutan air dinaikkan hingga mencapai akar tanaman. 

Berita terkait
Kebutuhan utama bercocok tanam hidroponik

Bagi para pemain hidroponik profesional, penggunaan kain flanel adalah pilihan, artinya bisa memakai atau tidak. Intinya kain flanel berfungsi sebagai penghantar antara air nutrisi dan akar, jika kita bisa menjaga agar rockwool dalam netpot selalu dapat bersentuhan dengan air nutrisi maka tidak perlu lagi digunakan kain flanel. Untuk hitungan bisnis penggunaan kain flanel juga menjadi tambahan biaya, jika dihitung satuan mungkin tidak seberapa namun dalam skala profesinal pasti akan menjadi satu pertimbangan.

Bagi para pemula atau skala hobby, sebaiknya menggunakan kain flanel agar mengetahui fungsi dan manfaat kain flanel. Harga flanel berfariasi, mulai dari Rp 200,- hingga Rp 400,- per peace ukuran 2 x 25 cm. Jika ingin lebih murah bisa beli kain flanel lembaran, untuk yang ini harus memotong sendiri sesuai kebutuhan.

Apakah kain flanel bisa digunakan lagi? Bisa Ya bisa juga tidak. Jika untuk belajar masih bisa dipergunakan dengan syarat kain flanel harus dibersihkan sampai bersih dari sisa-sisa akar yang menempel, lalu dicuci sampai bersih agar tidak ada lagi nutrisi yang terserap dalam kain flanel tersebut, setelah itu dikeringkan. (Slamet Riyanto)

Posting Komentar

0 Komentar