Ingin Hasil Hidroponik Keren? Begini Cara Pilih Benihnya

Benih sawi
Legioma.com--Hasil cocok tanam hidroponik akan lebih maksimal jika ditunjang dengan  faktor kualitas bibit (benih) tanaman. Banyak faktor yang mempengaruhi, perlu pengalaman, disamping itu keterampilan memilih benih juga harus dimiliki, seperti Merek, cara pakaging,dan jangan lupa cek masa kadaluwarsa.

Benih atau bibit merupakan salah satu bahan yang harus disiapkan dalam bercocok tanam hidroponik.

Pengalaman menjadi salah satu hal penting dalam memilih benih untuk bercocok tanam hidroponik. Bagi pemula mungkin tidak terlalu mempermasalahkan tapi bagi para profesional pemilihan benih menjadi sangat penting, bayangkan jika bibit yang sudah ditebar cukup banyak ternyata gagal semai.

Agar lebih efisien dalam bercocok tanam hidroponik alangkah baiknya perhatikan beberapa tips memilih benih berikut ini:

  1. Kenali cuaca di lokasi Anda, daerah sejuk biasanya berbagai tanaman jenis sayuran lebih mudah tumbuh
  2. Beli bibit yang berkualitas, pada umumnya bibit yang dijual dalam kemasan ada jaminan tumbuh dibanding bibit yang dijual tanpa kemasan (curah). Periksa tingkat keberhasilan tumbuhnya yang tertera pada bagian kemasan.
  3. Periksa tanggal kadarluarsa yang biasanya tertera pada kemasan bibit. 
  4. Catat setiap kali melakukan tebar benih, dan berapa persen biji yang bisa sprout, setelah beberapa kali pengalaman tebar benih, Anda akan bisa memilih benih merek apa yang paling bagus.
  5. Benih sayuran memiliki masa tumbuh berkisar  7-14 hari atau mulai tumbuh daun sejati, dari sini Anda bisa menganalisa sekaligus menentukan bibit yang paling bagus.
Selamat mencoba (Slamet Riyanto)

Posting Komentar

0 Komentar