4 Media Tanam yang Cocok untuk Menyemai Tanaman Hidroponik

Rockwool sebagai media semai hidroponik
Legioma.com--Hal penting ketika berkebun hidroponik adalah proses penyemaian benih. Para petani hidroponik sering dihantui dengan kegagalan proses penyemaian benih. Kegagal bukan karena tidah sproud namun tananam tidak bisa tumbuh dengan sempurna.

Media tanam yang digunakan pada proses penyemaian harus mempunyai sifat kuat dan dapat menyimpan (menahan) air sehingga biji dapat semai dengan sempurna dan akar dapat ditopang dengan kuat dengan suplai oksigen yang cukup.

Sekam Bakar

Media tanam ini berbahan dasar sekam padi yang telah melalui proses sterilisasi dengan dibakar. Sifat arang menjadikan media tanam ini sangat ringan, disamping itu arang juga tidak padat sehingga memungkinkan banyak suplai oksigen ke akar tanaman yang akan ditanam dengan sekam bakar. Disarankan jika menggunakan sekam bakar sebagai media tanam perlu ditambahkan media tanam lain yang lebih kuat agar tidak rapuh.

Rockwool

Mengutip dari wikipedia, rockwool terbuat dari bebatuan, umumnya kombinasi dari batuan basalt, batu kapur, dan batu bara, selanjutnya semuanya dipanaskan mencapai suhu 1.600 derajat Celcius sehingga meleleh menjadi seperti lava, dalam keadaan mencair ini, batuan tersebut disentrifugal membentuk serat-serat. Setelah dingin, kumpulan serat ini dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Rockwool mempunyai sifat yang mampu menyerap air dan udara, maka roockwool cocok sebagai media tanam hidroponik sehingga banyak menyerap pupuk cair sekaligus udara yang membantu pertumbuhan akar dalam penyerapan unsur hara.

Cocopeat

Media tanam ini terbuat dari serbuk kulit kelapa, cocopeat mudah di temukan di sekitar sentra produk kelapa. Di Indonesia cocopeat mudah ditemukan karena banyak tumbuh pohon kepala dengan kualitas terbaik. Serbuk yang juga disebut coco fiber atau coco coir ini juga sangat mudah diproduksi dengan teknologi sangat sederhana. Dengan bahan dasar sangat mudah ditemukan, disekitar pasar tradisional, limbah pabrik yang memproduksi dari bahan dasar kelapa, dan di sekitar sentra produksi kelapa.

Cocopeat dikenal terbaik sebagai media tanam karena sifatnya mampu menahan unsur kimia dari pupuk maupun kandungan air bahkan mampu menetralkan kondisi keasaman tanah. Kondisi ini sangat cocok untuk menanam dengan media tanam minim, seperti tanaman hias dalam pot, dan hidroponik.Sifat cocopeat yang seperti busa, banyak rongga udara dapat membantu agar sinar matahari serta sirkulasi udara dalam tanah tetap terjaga, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Spon

Spon juga bisa digunakan sebagai media tanam dalam berkebun hidroponik. Spon mempunyai kemampuan menyerap air yang baik. Sifat menyerap air yang kuat spon bisa digunakan sebagai media tanam untuk menanam sistem hidroponik.Namun karena sifatnya yang rapuh, spon tidak disarankan untuk menanam tanaman dalam jangka lama karena tidak dapat menopang akar yang beriringan dengan pertumbuhan batang tanaman. Slamet Riyanto

Posting Komentar

0 Komentar