5 Sayuran Paling Diminti untuk Hidroponik

Jenis sayuran paling diminati untuk hidroponik
LEGIOMA.com--Bagi yang sedang belajar bertani hidroponik sebaiknya menanam jenis tanaman yang relatif mudah didapat dan mudah dalam perawatan. Berikut lima jenis sayuran daun paling diminati untuk hidroponik
  • Bayam. Sejak kecil sebagian masyarkat kita hampir semua sudah mengenal bayam, menjadi sayuran faforit ibu rumah tangga untuk si buah hati. Bayam dikenal memiliki kandungan zat besi yang menjadi kebutuhan tubuh manusia. Bahkan sayuran yang bisa tumbuh dimana saja ini bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan organ pencernaan. Sifatnya yang mudah tumbuh, bayam sangat cocok ditanam secara hidroponik, bahkan dengan sistem ini daun yang dihasilkan bisa lebih lebar dibanding yang ditanam di media tanah.

  • Kangkung. Ada dua jenis kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air, keduanya tidak ada bedanya dari segi rasa maupun kandungan zat besi yang sangat yang cocok untuk kebutuhan tubuh manusia. Untuk hidroponik lebih cocok kangkung air, karena kangkung darat akarnya akan segera membusuk jika terendam air.  Kelebihan kangkung yang dibudidayakan secara hidroponik adalah masa panennya yang pendek, cukup 25 hari saja kangkung sudah bisa dipanen.

  • Sawi. Para penikmat mie instan pasti mengenal sawi, tak lengkap jika membuat mie tanpa daun sawi, oleh karena itu sawi menjadi salah satu sayuran populer di
    Sawi, paling mudah ditanam dengan sistem hidroponik
    Indonesia. Sawi sangat bermanfaat untuk tubuh manusia karena kaya akan serat dan banyak zat gizi. Sawi juga banyak jenisnya, sawi hijau, sawi putih, pok coy, atau sawi daging. Sama dengan kepopulerannya sawi termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan secara hidroponik.

  • Selada. Hampir semua orang kenal selada, tak lengkap makan ayam bakar tanpa lalapan selada yang disandingkan dengan sambal. Selada jenis tanaman yang bisa hidup di daerah iklim tropis maupun sedang. Selain mudah hidup, tanaman ini kaya kandungan mineral, besi, tembaga, fosfor, kobal, seng, dan potasium. Zat-zat ini sangat baik untuk keseimbangan tubuh. Dengan perawatan yang tidak rumit selada cocok untuk mereka yang sedang belajar menanam secara hidroponik.

  • Seledri. Ibu rumah tangga merasa tak lengkap jika didapur tidak ada daun seledri. Hidangan berkuah seperti sup serasa hambar tanpa ditaburi daun seledri, begitu juga para juru masak sering mempercantik hidangannya dengan beberapa porong daun selederi. Daun selederi juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Selederi juga mudah dibudidayakan dengan sistem hidroponik, tidak banyak perawatan, dan sebagian besar mengaku berhasil menanam jenis tanaman ini. (Slamet Riyanto)


Posting Komentar

0 Komentar