5 Syarat Keberhasilan dalam Semai Hidroponik

Semaian sawi
Legioma.com--Anda pasti akan frustrasi jika saat mulai bercocok tanam hidroponik terbentur pada masalah gagal semai, apa penyebabnya, dan bagaimana solusinya? Simak uraian berikut ini.

Penyemaian benih adalah awal berkebun hidroponik yang harus dilewati, arti persemaian adalah proses menumbuhkan benih (biji) agar bisa berkecambah sehingga menjadi bibit yang siap ditanam.

Berikut tips agar proses penyemaian bisa berhasil dan tumbuh dengan baik:

  1. Kualitas Benih, memilih benih yang berkualitas adalah bagian terpenting agar proses penyemaian berhasil. Jika salah memilih benih akan fatal akibatnya, maka perlu diketahui kualitas daya berkecambah. Untuk mengetahui daya kualitas benih dapat dilakukan dengan metode seperti ini. Siapakan air bersih secukupnya dan rendam benih kurang lebih  10 hingga 15 menit. Perhatikan benih yang ada dalam air, benih yang berada dalam kondisi tenggelam memiliki daya berkecembah yang lebih baik dibandingkan benih yang berada dalam kondisi terapung diatas.
  2. Memilih Media Semai, tanaman hidroponik perlu media semai yang bersih, steril dan mampu menyimpan air dengan baik, agar tidak menghambat proses benih dalam berkecambah. Media semai sebaiknya yang lembut tujuannya agar kecambah mudah membentuk akar dan ketika nanti tanaman dicabut untuk dipindahkan ke media tanam akar bibit tanaman tidak putus.
  3. Air yang Cukup, Agar proses berkecambah sempurna kebutuhan air harus tepat, tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering.Jika air terlalu sedikit akan berakibat benih kering dan tidak dapat berkecambah, namun jika air terlalu banyak dapat menjadikan benih menjadi membusuk dan tidak dapat berkecambah.
  4. Sinar Matahari Cukup, Salah satu faktor penting syarat tumbuh tumbuhan adalah sinar matahari yang berfungsi untuk proses fotosintesis, dimana tanaman memasak makanan yang membutuhkan cahaya, air dan CO2. Jadi proses penyemaian harus mendapatkan cahaya matahari yang cukup, karena jika kekurangan sinar matahari benih sulit atau lambat berkecambah, dan dapat terjadi etiolasi. (Etiolasi adalah memanjangnya batang namun tidak diikuti dengan pertumbuhan daun, bahasa yang sering digunakan para petani hidroponik adalah "Kutilang alis kurus tinggi langsing") Oleh karena itu pastikan proses penyemaian mendapat sinar matahari cukup dan hindari semaian berada pada tempat yang gelap)
  5. Kebersihan, terakhir adalah kebersihan temapat persemaian, pastikan tempat (wadah) yang digunakan untuk penyemaian bersih, ini untuk  menekan dan menghindari adanya jamur, bakteri dan virus yang dapat menghambat proses perkecambahan. (Slamet Riyanto)

#hidroponik
#hydroponic
#semaibenih

Posting Komentar

0 Komentar